Mu'rab

Jumat, 07 Mei 2010

المعربات قسمان قسم يعرب بالحركات وقسم يعرب بالحروفالذى يعرب بالحركات أربعة أنواع الإسم المفرد وجمع التكسير وجمع المؤنث السالم والفعل المضارع الذى لم يتصل بأخره شيء٠ وكلهاترفع بالضمة وتنصب بالفتحة وتخفض بالكسرة وتجزم بالسكون خرج عن ذلك ثلاثة أشياء جمع المؤنث السالم ينصب بالكسرة والإسم الذي لاينصرف يخفض بالفتحة والفعل المضارع المعتل الأخره يجزم بحذف أخره
Kalimat – kalimat yang di irabi itu terbagi kedalam dua bagian, ada yang di irabi dengan perubahan harakat dan ada yang di irabi dengan perubahan huruf.
Kelompok yang di irbai dengan perbahan harakat terdapat empat macam kalimat, yaitu isim mufrad, isim jama taksir, jama muanats salim dan fi’il mudhori yang tidak bertemu dengan syai, yang semuanya itu di rafakan dengan dhomah, di nasabkan dengan fathah, di jarkan dengan kasroh, dan di jazmkan dengan sukun.
Namun ada tiga hal yang keluar dari ketentuan – ketentuan tersebut, yaitu isim jama muanats salim sebab di nasabkan dengan harakat kasroh, dan isim ghoir munshorif yang di jarkan dengan menggunakan harakat fathah, dan yang ketiga fi’il mudhori mu’tal akhir yang di jazmkan dengan membuang huruf akhir (yang berupa huruf ilat, alif, ya, atau wawu).
والذى يعرب بالحروف اربعة أنواع التثنية وجمع المذكرالسالم والأسماءالخمسة والأفعال الخمسة  وهى يفعلان وتفعلان وفعلون وتفعلون وتفعلين فأماالتثنية فترفع بالألف وتنصب وتخفض بالياء وأما جمع المذكرالسالم فيرفع بالواو وتنصب وتخفض بالياء وأماالأسماء الخمسة فترفع بالواو وتنصب بالألف وتخفض بالياء وأماالأفعال الخمسة فترفع بالنون وتنصب وتجزم بحذفها
Sedangkan kalimat – kalimat yang di I’rabi dengan menggunakan pergantian huruf itu ada empat macam kalimat, yaitu isim tasniyah, isim jama mudzakar salim, isim asmaul khomsah, dan fi’il af’alul khomsah, antara lain lafadh yaf’alani, taf’alani, yaf’aluna, taf’aluna dan taf’aliina.
Adapun isim tasniyah yaitu di rafa’kan dengan huruf alif, di nasabkan dan di jarkan deangan menggunakan huruf  ya. Adapun isim jama mudzakar salim di raf’akan dengan huruf wawu, di nasabkan dan di jarkan dengan huruf ya. Sedangkan isim af’alul khomsah itu di raf’akan dengan huruf wawu, di nasabkan dengan huruf alif dan di jarkan dengan menggunakan huruf ya. Dan adapaun fi’il af’alul khomsah di raf’akan dengan huruf nun, di nasabkan dan dijazmkan dengan membuang huruf nun.
Demikianlah penjelasan mengenai kalimat – kalimat yang di irabi, baik yang menggunakan pergantian harakat maupun dengan menggunakan pergantian huruf, dan untuk contohnya silakan lihat bab sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar